Sabtu, 03 Maret 2012

Akhir Kelas Skenario Pemula

Workshop skenario untuk pemula yang saya adakan bareng Achi TM sudah berakhir. Workshop ini disediakan untuk 10 orang yang disaring melalui satu mekanisme dan tidak dipungut biaya.

Maksud adanya kegiatan adalah untuk mengenalkan soal skenario pada penulis yang sama sekali belum terlibat dalam penulisannya.


Senang bercampur gembira melihat keantusiasan peserta yang selama sebulan mengikuti tiap bahasan secara online.
Semua peserta juga dengan sigap mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Walau pada akhirnya ada beberapa peserta yang tak menuntaskan tugas akhir membuat skenario.

Setidaknya semua mengetahui struktur yang membangun skenario.
Bagi saya, skenario adalah teknis dan semua orang bisa menuliskannya asal mempelajari dan mengerti.

Kesan-kesan:


Rizki Septina K : Mas Sokat Rachman, saya senang sekali bisa terpilih masuk ke kelas skenario pemula. Saya banyak belajar. Saya kira skenario itu berupa skenario saja. Saya nggak tahu ada treatment, logline, dan sebagainya. Tapi lewat kelas ini, saya jadi tahu.
Terimakasih ya mas, terimakasih dan salam juga buat mbak Achi-tm Penulis, semoga dengan selesainya kelas skenario ini, tidak selesai pula tali silaturahmi diantara kita. :)


Putri Nurbaiti : Mengawali thn 2012 dpt kado thn baru..diberi kesempatan u/ikut kelas skenario ini..Alhamdulillah wa syukurillah,dgn mentor2 yg bnr2 menggembleng aq bs menguatkan kyakinan diri u/terus maju.. (aku pasti terus bljr u/bisa).. dgn teman2 yg sungguh luar biasa keingintahuannya besar sekali,,smangatnya pula membara.
bhg+senang sekali, kenal mas sokat+mbak achi dn teman2 yg tdk bs aq sebutin satu2.. keep in touch yaa



Dhi Diera : Tanggal 6 Januari aku baru aja galau karena naskah gak masuk dalam sebuah antologi. Namun esok harinya kegalauan itu berubah jadi kebahagiaan saat terpilih menjadi salah satu peserta di kelas skenario pemula. Apalagi dengan mentor keren mas Sokat Rachman dan mbak Achi-tm Penulis.
Disini aku banyak belajar hal-hal yang sebelumnya aku gak ketahui. Pastinya hal-hal seputar cara membuat skenario dong. Meski skenario yang ku buat masih jelek namun aku senang bisa bergabung di kelas ini dan mendapat teman-teman baru serta pengalaman baru.
Metode belajar dengan pemberian tugas cukup menggemblengku yang gak pernah nulis berlembar-lembar setiap hari. Pokoknya kelas ini menyenangkan banget. Makasih mbak Achi dan mas Sokat yang telah memberi kesempatan untuk mengikuti kelas ini :)
Semoga bisa berjumpa di lain kesempatan lagi :)

Kamiluddin Azis : Saya berterima kasih atas kesempatan dan waktu yang diberikan. Ini adalah langkah awal untuk saya dan mungkin beberapa teman yang terpilih untuk mengikuti belajar menjadi penulis skenario. Dengan segala keterbatasan yang saya miliki, kelas kecil ini memberi saya banyak hal, ilmu dan persahabatan baru. Terima kasih Mas Sokat Rachman dan Mbak Achi-tm Penulis yang bersedia berbagi ilmu. Semoga kelas Penulis ini semakin besar dan bisa melahirkan penulis skenario berprestasi.

Anis Siti Anisah : Kondisi saya sedang tidak fit saat tiba-tiba mendapat kabar bahwa saya terpilih sebagai salah seorang yang berhak mengikuti kelas skenario pemula ini. Mendengar kabar tersebut, rasanya sakit saya langsung sembuh. Mendapat kesempatan untuk bergabung dalam kelas skenario memang telah lama saya impikan. Alhamdulillah, akhirnya kesempatan itu datang, dan saya mendapatkan banyak hal baru yang sangat bermanfaat. Segudang ilmu dari para mentor, info-info seputar dunia penulisan skenario serta PH, teman-teman yang menyenangkan, dan masih banyak lagi. Terima kasih Mas Sokat Rachman dan Mbak Achi-tm Penulis, berkat bimbingan dari Mas dan Mbak, langkah saya untuk menekuni dunia penulisan skenario menjadi semakin terarah. Mbak Achi yang selalu sabar dan telaten menghadapi kami yang masih benar-benar awam dengan dunia skenario, serta Mas Sokat Rachman yang selalu memberikan komentar, kritik, dan masukan yang membangun, benar-benar membuat saya mendapatkan sesuatu, yang insya Allah sangat bermanfaat bagi saya dalam menggapai cita-cita saya sebagai seorang scripwriter. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Mohon maaf bila saya banyak salah. Untuk teman-teman Kelas Skenario Pemula, Never Give Up!:)

Achi-tm : Penulis Saya selaku salah satu mentor di sini memohon maaf sebesar-besarnya apabila ada salah-salah kata, kata komen, atau kurang aktif di akhir-akhir pembelajaran. Mohon dimaafkan khususon kepada mas Sokat Rachman :) sukses terus buat dunia skenario indonesia.

4 komentar:

  1. Wah, sukses selalu untuk Mas Sokat. Makasih untuk kelasnya mas :)

    BalasHapus
  2. Sama-sama. Senang bisa berbagi pengetahuan. :)

    BalasHapus
  3. ada rencana mo adain lagi gak ? saya ingin daftar mas...

    BalasHapus
  4. Untuk program ini belum ada rencana, Mas :)

    BalasHapus