Selasa, 03 Januari 2012

Resolusi Juara di Kelas Kecil 2012

Pekerjaan saya sebagai penulis bacaan anak dan skenario memang bisa dilakukan di mana saja. Malah lebih banyak saya melakukannya di rumah. Untuk mendukung pekerjaan itu saya menggunakan internet

Keberadaan internet memang sangat berarti buat saya. Sebab bisa menghubungkan saya dengan penerbit yang letak kantornya jauh dari rumah. Sehingga saya tak perlu membuang waktu untuk menuju ke sana kalau ingin mengirim tulisan atau membicarakan bahan tulisan.

Demikian juga saat menulis skenario, pertemuan untuk membahas konsep dan naskah memang harus ke kantor Production House atau stasiun tv, namun selebihnya pekerjaan dapat dilakukan di rumah atau tempat lain.

Adanya speedy dengan beragam produknya memang sangat membantu. Selain memangkas jarak, penggunaan waktu juga lebih efisien. Selain itu, saya juga mendapat banyak referensi yang dibutuhkan untuk mendukung tulisan. 

Di tahun 2012, saya membuka pelatihan menulis secara online. Pada kegiatan ini saya berperan sebagai Trainer penulis untuk cerita anak dan skenario.

Tujuannya adalah memberikan bimbingan lengkap mengenai seluk-beluk penulisan untuk bacaan anak terutama cerita pendek. Dari mulai konsep hingga menjadi cerpen yang layak untuk menembus media anak nasional. 

Demikian juga dengan pelatihan menulis skenario. Tujuannya adalah memberi arahan bagaimana menulis skenario sejak dari konsep cerita sampai menjadi draft.

Kedua pelatihan lebih menekankan pada praktek menuliskannya. Sebab materi diberikan dalam bentuk silabus yang saya kirim melalui email. Sehingga yang dibahas saat online adalah tugas yang mengarah pada hasil akhir sebuah karya yang siap menembus media.

Kalau pada awalnya saya menjadi trainer penulis di Menulisyuk.com, SMAN 86 Jakarta, Pondok pesantren Al-Ishlah Bondowoso, dan sekolah lainnnya serta trainer tetap dalam kegiatan intern FLP Jakarta. Kini saya ingin menjangkau calon-calon penulis dari daerah lain yang lebih jauh.

Kemudahan yang diberikan internet menjadikan belajar bisa dari rumah meski jarak berjauhan. Itu dapat memaksimalkan hasil. Dan semua bisa mengalahkan rintangan yang ada untuk menjadi juara! [sr]


25 komentar:

  1. Sukses Cik Gu! Saya tertarik juga pelatihannya...

    BalasHapus
  2. Semoga kelas kecilnya menjadi juara di 2012!

    BalasHapus
  3. @Azzam : Sip!
    @Kay : Ditunggu! :)
    @Iwok: Amin. Tengkyu! :)

    BalasHapus
  4. Sukses, Pak. Semoga juara
    Yang di LN gak bisa ikutan, soale gak ada speedy. Eh, tapi di rumah make speedy juga. Kira2 boleh ikut gak, yah?

    BalasHapus
  5. Sokat memang dahsyat *_^ Sukses selalu buat Kelas Kecil

    BalasHapus
  6. Sipplahh, semoga resolusi tercapai, lomba pun menang.

    BalasHapus
  7. Wow... kelas kecil yang bermakna BESAR. Sukses, mas!

    BalasHapus
  8. smg makin sukses ya pak.tetap semangat..

    BalasHapus
  9. Terus berjuang untuk melahirkan para "juara", Kelas Kecil! ^^

    BalasHapus
  10. iiih bukunya sama ama punyaku *ngintip background :p sikses yaaaa

    BalasHapus
  11. @fita: hihihihi, berarti satu guru,satu ilmu. :)

    BalasHapus
  12. Mantap Mas Sokat, mudah2an kelas kecilnya jadi juara... Aktivitas kesehariannya sangat menginspirasi. Nice :)

    BalasHapus
  13. Kapan saya bisa jadi muridnya ya? Blognya mantap menghijau, nih :)

    BalasHapus
  14. @Saptorini: Kapan saja! Tengkyu! :)

    BalasHapus